modifikasi / membuat OIL COOLER motor Honda CB, GL, Tiger

cara modifikasi / membuat OIL COOLER motor Honda CB, GL, Tiger

Seperti kita telah ketahui oil cooler merupakan teknologi untuk pendinginan mesin, atau mirip radiator lah tetapi berbeda cara kerja nya dengan radiator namun memiliki fungsi yang sama yaitu mendinginkan mesin / mempercepat pendinginan mesin.

Mesin dengan Oil Cooler lebih efektif jika di bandingan dengan Air Cooler / pendingin udara ( mesin biasa ) karena oli yang berputar dan panas yang ada di dalam mesin akan di dinginkan dengan cara oli naik keluar menuju tabung ( mirip radiator ) dan kembali menuju kedalam mesin.

Prinsip kerja mesin dengan teknologi pendinginan Oil Cooler yang saya ketahui adalah OLI (OIL) yang bersirkulasi dalam mesin akan di keluarkan menuju selang, lalu tabung (mirip radiator) yang berbahan dari almunium / stainless yang kemudian tabung yang berisi OLI akan tertiup angin lalu panas yang terjadi pendinginan OLI dan OLi di kembalikan kedalam mesin, Mungkin itu dari prinsip kerja nya.

Berikut ini saya akan berikan contoh OIL Cooler yang saya buat / modifikasi pada motor kesayangan saya Honda Tiger ( sama untuk di aplikasi pada motor CB, GL series ).

 OIL COOLER motor Honda CB, GL, Tiger
1.Inilah hasil akhir yang saya buat

 OIL COOLER motor Honda CB, GL, Tiger
saluran Oli Masuk setelah di dinginkan di tabung

 OIL COOLER motor Honda CB, GL, Tiger
Lubang oli yang di buat harus tembus dan menuju noken as

 OIL COOLER motor Honda CB, GL, Tiger
beri lubang dan beri drat / ulir baut sebesar 8 MM untuk saluran oli masuk

yang saya buat di atas tabung pendingin di buat dari bekas Cooler Processor Komputer yang saya modifikasi / berhubung gak punya duit untuk beli tabung oil cooler satria FU :D dan sayang barang barang  tidak terpakai dan lagi mumpung ada ide :D. Alhasil motor saya yang tadinya panas sekali sedikit terbantu lebih dengin, Maklum motor tiger nya udah semi korek :D.

Mohon maaf jika kata kata kurang jelas atau berbeda pendapat dengan anda, saya disini hanya berbagi pengalaman apa yang telah saya kerjakan.

0 comments