TUNE UP / KOREK RX KING - TUNE UP 2 TAK

TUNE UP 2 TAK / KOREK MESIN 2 TAK, RX KING, RXZ, FIZR,SATRIA etc

Selamat malam, kali ini saya akan share sedikit tips ( kok sedikit ? ya kalo banyak saya malu soalnya banyak yang lebih pintar dari saya ) tune up / korek mesin motor 2 tak untuk memperoleh performa yang lebih dari standart atau bahkan untuk keperluan balap, ya mari langsung saja

Harus di ketahui terlebih dahulu point point yang penting / jantung dalam motor 2 tak, antara lain 
  1. silinder blok
  2. silinder head
  3. karburator
  4. pengapian
  5. transmisi / rasio
SILINDER BLOK
silinder blok
Perbaiki lah pada bagian ini, karena dalam 2 tak adalah jantung / otak dalam sepeda motor 2 tak karena terdapat lubang lubang porting porting yang menentukan power dan juga tiiming.
  • Naikan lubang exhaust port untuk menyempuranakan pembuangan sisa pembakaran, untuk proses ini akan membuat motor loyo pada putaran bawah dan melesat putaran atas ( tetapi jika hitungan dan settingan pas) saya sarankan untuk harian cuku 1-2 MM ke atas dan 1 MM ke samping, bagian bawah nya jagan sampe di korek / di gerinda, hanya atas nya saja.
  • Transfer Port, merupakan lubang untuk menghisap udara dan bahan bakar dari carburator melalui silinder blok dan kemudian di padatkan oleh piston lalu di bakar oleh api, halus kan lubang lubang ini untuk memperlancar aliran udara dan bahan bakar yang masuk, dan buatlah menjadi runcing runcing atau intinya membuat udara dan BBM masuk bebas hambatan.
  • Piston, tentukan diameter sesuai kebutuhan anda, saya sarankan untuk motor 2 tak jangan terlalu besar dari standar apalagi untuk harian cukup naikan 0,50 mm - 1,50 mm
SILINDER HEAD
Silinder head merupakan salah satu bagian terpenting dalam mesin 2 tak , karena bertugas mencapur udara dan bahan bakar yang kemudian bisa di bakar dengan sempurna oleh pengapian yang tepat, untk silinder blok anda hanya merbah sudut kemiringan silinder head dan lebar squish mengikuti diameter piston. Untuk sudut silinder  head semakin miring konpresi semakin rendah alhasil bagus putaran atas, dan semakin datar sudut silinder head semakin padat kompresi dan bagus untuk putaran rendah.

KARBURATOR
Karburator bertugas mengatur seberapa banyak udara dan bahan bakar yang masuk ke mesin, maka dar itu agar mendapat hasil yang baik dapat ganti carburator dengan venturi yang lebih besar atau bisa jga modif karbu / Reamer karbu standar anda.





PENGAPIAN
Pengapian bertugas untuk memercikan Api dengan besar dan juga harus tepat waktunya sehingga udara dan bahan bakar terbakar dan meledak lalu mendorong piston, ada beberapa tips untuk modifikasi pengapian ini
  • Majukan timming pengapian, dengan memajukan timming pengapian udara dan bahan bakar akan lebih cepat terbakar dan akan memberikan efek lebih bertenaga di putaran bawah
  • Ganti Koil menggunakan Racing
  • Ganti CDI menggunakan CDI racing yeng menpunyai Unlimit dan Kurva pengapian yang lebih awal dari std
  • Kurangi Bobot magnet anda dengan cara Bubut magnet
TRANSMISI
Untuk bagian ini lebih fokus pada sektor kopling karena jika harus ganti rasio menggunakan close ratio hmmph berat beli nya bos, :), pada bagian kopling gunakan lah perkopling dengan daya pegas yang lebih kuat atau simpel nya gunakan perkopling racing, gunakan platkopling Racing atau bisa juga aplikasi plat kopling untuk motor lain seperti Yamaha Fizr menggunakan Plat kopling suzuki tornado yang mempunyai daun yang lebih lebar.

Setelah semua nya selesai tinggal setting udara dan bahan bakar hingga pas di tandai dengan warna di kepala busi berwarna Merah Bata.

Sekian tips dari saya mengenai korek mesin 2 tak, mohon maaf bisa ada kesalahan dan dalam kata kata yang berbelit belit.
Previous
Next Post »